Kebijakan Penjaminan Mutu

Sistem Penjaminan Mutu Program Studi Magister Ilmu Hukum

Sistem Penjaminan Mutu Program Studi Pada Mahasiswa Magister Ilmu Hukum

Evaluasi Perkuliahan
Untuk menjamin mutu lulusan Program Studi Maguster Ilmu Hukum, Program Studi melakukan evaluasi internal terhadap penyelenggaraan Program Studi yang dimulai saat pelaksanaan sampai dengan evaluasi pelaknaan pendidikan dan pengajaran sebagai bagian dari evaluasi internal, dan dilakukan pada setiap semester. Evaluasi  dilakukan evaluasi terhadap dosen dengan memperhatikan masukan-masukan mahasiswa yang diperoleh dari  kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa pada saat mahasiswa menempuh ujian akhir semester. Hasil kuisioner tersebut digunakan program untuk memperoleh umpan balik mengenai pelaksanaan kegiatan pembelajaran, khususnya terkait dengan kinerja dosen dalam melaksanakan proses belajar mengajar sesuai dengan jadwal dan Satuan Acara Perkuliahan.

Di samping itu, evaluasi juga dilakukan secara berkala, yaitu pada saat lulusan akan mengikuti wisuda (dua kali setahun), lulusan diminta untuk memberikan masukan tentang berbagai hal, terutama mengenai kegiatan akademik. Hal ini juga merupakan bagian dari evaluasi eksternal yang dilakukan untuk mengetahui tingkat perkembangan kualitas pembelajaran dan pelayanan mahasiswa.

Read more: Sistem Penjaminan Mutu Program Studi Magister Ilmu Hukum

Pelaksanaan Program Penjaminan Mutu Program Studi

PELAKSANAAN PENJAMINAN MUTU PROGRAM STUDI

Pelaksanaan Penjaminan Mutu

Pelaksanaan penjaminan mutu secara sistemik dan terstruktur di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dilakukan oleh Badan Penjaminan Mutu (BPM) di tingkat Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, dan Gugus Penjamin Mutu (GPM) di tingkat fakultas. Pembentukan GPM  tersebut merupakan penjabaran dari Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, yang menetapkan  7 Standar dan 136 Standar Turunan, yang meliputi aspek akademik, dan aspek non akademik. Untuk pengembangan BPM di tingkat Universitas telah disusun 3 (tiga) buku BPM Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, yaitu: Kebijakan BPM (Buku I), Manual BPM (Buku II), dan Standar (Buku III). Keberhasilan SPM Universitas Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya juga telah dievaluasi secara eksternal dengan berhasilnya Program Studi Sarjana Ilmu Hukum oleh BAN PT dengan predikat B, Program Studi Magister Ilmu Hukum oleh  BAN-PT dengan pedikat B dan pada Program Studi Doktor Ilmu Hukum oleh  BAN-PT dengan pedikat B.

Read more: Pelaksanaan Program Penjaminan Mutu Program Studi

Kebijakan Penjaminan Mutu Program Studi

Kebijakan penjaminan mutu internal di lingkungan Untag Surabaya diatur dalam Statuta Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya tahun 2013, Bab XII Pasal 35, 36, dan 37. Mengenai cara pembentukan dan struktur organisasi penjaminan mutu diatur dalam Manual Mutu Akademik Universitas. Pada tingkat Universitas dibentuk Badan Penjaminan Mutu (BPM) dan pada tingkat Fakultas dibentuk Gugus Penjaminan Mutu (GPM).

 

Sesuai ketentuan Pasal 35 Statuta Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya tahun 2013, BPM memiliki tugas:

a. Mengembangkan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) secara komprehensif, termasuk penyusunan perangkat/dokumen yang diperlukan dalam rangka peningkatan mutu Universitas;

b. Membantu Rektor melakukan pemantauan (monitoring), evaluasi, serta audit internal pelaksanaan SPMI di lingkungan Universitas;

Read more: Kebijakan Penjaminan Mutu Program Studi