Dosen

Kode Etik Dosen

KODE ETIK DOSEN

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya memiliki komitmen untuk membangun perilaku ilmuwan bagi seluruh civitas academica dan sesuai dengan kode etik, seperti tertuang pada Kode Etik Dosen, yang menjadi pedoman etika dosen dalam proses belajar mengajar, yang mencakup:

  1. Dosen untuk mengasuh suatu mata kuliah harus sesuai dengan keahliannya, ijazah dan validasi sejawat. Hal ini sesuai dengan Keputusan YPTA Nomor : 059/K/Um-A/YP/VII/2012 tentang Kualifikasi dosen, yang termasuk tentang Kualifikasi Minimum Pembimbing, Penguji, dan Pengajar di lingkungan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
  2. Dosen didorong  memiliki dedikasi yang tinggi dengan memberikan seluruh ilmu dan teknologi yang dikuasainya kepada peserta didik sesuai dengan tuntutan kurikulum tanpa pamrih dari mahasiswa.
  3. Dalam proses evaluasi hasil pembelajaran, dosen harus objektif sesuai prestasi akademik mahasiswa, tanpa dipengaruhi oleh: SARA, hubungan yang bersifat pribadi, latar belakang, dan sifat mahasiswa.
  4. Dosen memfasilitasi mahasiswa agar mampu menjalani proses belajar dan tidak memberikan tugas yang tidak berkaitan dengan proses belajar mengajar.


Dalam melakukan penelitian dosen program studi Sarjana Ilmu Hukum, Magister Ilmu Hukum dan Doktor Ilmu Hukum harus berpegang teguh pada Kode Etik Dosen yang mencakup:

  1. Sesuai dengan bidang ilmu dan teknologi yang dikuasainya.
  2. Menghargai hasil penelitian yang bukan menjadi kompetensinya.
  3. Menolak penugasan penelitian yang berada di luar kompetensi bidang ilmu dan teknologi yang dikuasainya.
  4. Memiliki kejujuran didalam setiap penelitian yang dilakukan.
  5. Mengutamakan objektivitas dalam menyusun laporan penelitian tanpa dipengaruhi oleh kepentingan pribadi, golongan, etnis maupun agama.
  6. Senantiasa berusaha menggunakan metode ilmiah dalam menemukan kebenaran.

 

Tenaga Pengajar (Dosen)

DOSEN

Tenaga Kependidikan (Dosen) di lingkungan Fakultas Hukum Untag Surabaya terdiri dari Dosen Tetap Yayasan dan Dosen yang diperbantukan (DPK) Kopertis Wilayah VII. Dosen tetap dipilah dalam 2 kelompok :

  • Dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan Program Studi (Prodi),
  • Dosen tetap yang bidang keahliannya di luar program studi (Prodi).


Untuk Dosen Tetap pada Fakultas Hukum Untag Surabaya yang bidang keahliannya sesuai dengan program studi (Prodi), memiliki latar belakang pendidikan Magister (S2) sejumlah 18 orang, Doktor (S3) sejumlah 8 orang, Calon Doktor 6 orang dan Guru Besar (Profesor). Adapun total dosen sejumlah 27 orang.

Semua Dosen Tetap pada Fakultas Hukum Untag Surabaya telah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) dan sebagian besar telah mendapatkan Sertifikasi Dosen (Serdos). Hal ini merupakan suatu bukti bahwa penyelenggaraan pendidikan tinggi di Fakultas Hukum Untag Surabaya diasuh oleh tenaga pengajar yang dapat diandalkan dan dipertanggungjawabkan kredibilitasnya.

Read more: Tenaga Pengajar (Dosen)