Sistem Pendidikan

BIMBINGAN AKADEMIK

BIMBINGAN AKADEMIK

Bimbingan Akademik adalah bimbingan yang diberikan oleh setiap dosen pembimbing skripsi kepada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi/tugas akhir. Bimbingan akademik terdiri dari 3 pembimbingan, yaitu 1.) Bimbingan yang diberikan dosen wali pada saat menyusun rancana studi pada setiap semester, 2.) Bimbingan yang diberikan oleh dosen pada saat mahasiswa mengikuti kegiatan praktikum, 3.) Bimbingan yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswa dalam kuliah kerja nyata, praktek kerja lapangan/program pengabdian pada masyarakat dan lainnya. Tujuan dari bimbingan akademik adalah memberikan bantuan dan nasehat kepada mahasiswa dalam menyelesaikan program stu­dinya dan memberikan pengawasan pada kemajuan studi mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat menyusun rencana studi dan program studinya secara optimal.

 

Pada bimbingan akademik khususnya penyusunan skripsi, setiap mahasiswa dapat memprogram mata kuliah Penulisan Hukum (Skripsi) setelah mahasiswa yang bersangkutan menempuh dan lulus mata kuliah dengan jumlah minimal 120 sks dan mata kuliah pra-syarat. Di samping memprogram mata kuliah Skripsi di dalam KRS, mahasiswa diwajibkan untuk mengajukan permohonan kepada Fakultas Hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pengajuan permohonan Penulisan Hukum (Skripsi) dapat disetujui,­ apabila telah dipenuhi syarat:

a. Pernah menempuh mata kuliah Metode Penelitian Hukum (MPH) dengan nilai minimal C;  

b. Lulus mata kuliah yang terkait dengan materi skripsi dengan nilai minimal B; dan

c. Materi Skripsi memiliki nilai aktualitas dan relefansi dengan bidang ilmu hukum.

Ujian Skripsi dapat diikuti setelah mahasiswa yang bersangkutan menyelesaikan bimbingan skripsi dan disetujui oleh Dosen Pembimbing, dengan syarat :

a.       Telah lulus seluruh Mata Kuliah Wajib dan Mata Kuliah Pilihan, dengan nilai D tidak lebih dari 15 sks;

b.      Mata Kuliah Pengantar Ilmu Hukum, Pengantar Hukum Indone­sia, Ilmu Negara dan Metode Penelitian Hukum telah lulus dengan nilai minimal C;

c.       Mata Kuliah Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Ilmu Sosial Budaya Dasar dan Ilmu Kealaman Dasar telah lulus dengan nilai minimal C;

d.      Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal 2,50 (dua koma lima puluh).

Tata cara ujian skripsi, tata cara penilaian dan criteria penilaian ujian skripsi harus sesuai dengan Keputusan Dekan Nomor 205/SK/FH/III/2014 tentang Petunjuk Penulisan Skripsi.