Sistem Pendidikan

Sistem Pendidikan

SISTEM PENDIDIKAN

Sistem Kredit Semester (SKS)

Sistem kredit adalah suatu sistem penghargaan terhadap beban studi mahasiswa, beban kerja tenaga kependidikan dan beban penyelenggara program lembaga pendidikan yang dinyatakan dalam kredit.
Kredit adalah suatu unit atau satuan yang menyatakan bobot suatu mata kuliah dan kegiatan akademik lainnya secara kuantitatif.
Sistem semester adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan dengan menggunakan satuan waktu terkecil tengah tahunan yang disebut semester.
Semester adalah satuan waktu terkecil untuk menyatakan lamanya waktu/program pendidikan dalam suatu jenjang pendidikan, dimana satu semester setara dengan 14 minggu kuliah atau kegiatan terjadual lainnya berikut 2 minggu kegiatan evaluasi semester, yang dalam 1 (satu) tahun terbagi menjadi 2 semester yakni semester gasal dan semester genap.

 

Sistem Kredit Semester (SKS huruf besar) adalah cara penyelenggaraan program pendidikan dengan menentukan beban studi mahasiswa dalam sejumlah satuan kredit dan menggunakan semester sebagai unit waktu penyelenggaraan program pendidikan.
Satuan kredit semester (sks huruf kecil) adalah takaran penghargaan untuk pengalaman belajar yang menyatakan besarnya program pendidikan dalam satu semester. Satu sks kuliah setara dengan 50 menit kegiatan akademik tatap muka terjadual, 50 menit kegiatan akademik terstruktur dan 50 menit kegiatan mahasiswa yang mandiri. Satu sks kerja lapangan, setara dengan 200 menit kegiatan kerja lapangan, 50 menit kegiatan akademik terstruktur dan 50 menit kegiatan akademik mahasiswa yang mandiri.

Penyelenggaraan pendidikan dengan Sistem Kredit Semester diatur dalam program semester sebagai unit penyelenggara pendidikan terkecil yang merupakan bagian integral suatu program pendidikan. Program Semester terdiri dari  Semester Gasal dan Semester Genap, untuk semester Gasal dilaksanakan pada bulan September s/d Pebruari, semester Genap pada bulan Maret s/d Juli. Sedangkan apada bulan Agustus kegiatan masa Pembekalan kepada mahasiswa baru (Pemkam).

Seorang mahasiswa yang telah terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Hukum Untag Surabaya, selanjutnya menyusun program belajar per-semester dalam rangka melaksanakan dan menyelesaikan program pendidikannya. Dalam menyusun program belajarnya ini mahasiswa harus berpedoman pada Buku Pedoman Akademik Fakultas Hukum, dengan memperhatikan kemampuan, minat dan bakatnya serta peraturan yang berlaku di Fakultas Hukum Untag Surabaya.

Beban studi mahasiswa Fakultas Hukum pada semester I merupakan paket berkisar antara 18-20 sks, sedang beban belajar pada semester berikutnya maksimal 24 sks ditentukan berdasarkan Indeks Prestasi (IP) dari semester sebelumnya sesuai dengan peraturan yang berlaku di Untag Surabaya. Indeks Prestasi (IP) diperoleh dari jumlah angka kualitas kumulatif dibagi dengan jumlah kredit kumulatif yang diprogram dan dinyatakan dengan dua angka decimal dibelakan koma.

Waktu studi yang disediakan untuk menyelesaikan program studi Sarjana Hukum pada Fakultas Hukum Untag Surabaya adalah maksimal 14 semester (7 tahun) terhitung mulai saat mahasiswa tersebut untuk pertama kalinya terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Hukum. Lama studi kumulatif ini dapat menjadi lebih singkat, yaitu 7 sampai 8 semester (3,5 – 4 tahun), tergantung dari kemampuan masing-masing mahasiswa yang bersangkutan.

Adapun beban studi pada program studi ilmu Hukum untuk pendidikan Sarjana (S1) pada Fakultas Hukum Untag Surabaya minimal 144 sks dan maksimal 160 sks.
Pembagian jumlah sks untuk Fakultas Hukum Untag Surabaya mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi sebagai berikut :

  • Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) sejumlah 11 sks,
  • Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) sejumlah  72 sks,
  • Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) sejumlah 41 sks,
  • Mata Kuliah Perilaku Berkaarya (MPB) sejumlah 10 sks,
  • Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) sejumlah 10 sks.

Total jumlah sks keseluruhan adalah 144 sks, yang wajib ditempuh dan diselesaikan mahasiswa untuk mendapatkan gelar Sarjana Hukum pada Fakultas Hukum Untag Surabaya.