Sistem Pendidikan

EVALUASI STUDI FAKULTAS HUKUM UNTAG SURABAYA

Evaluasi studi adalah komponen utama dalam refleksi penyelenggaran penidikan di Universitas. Evaluasi studi tidak terbatas pada penyelenggaraan pendidikan oleh universitas, namun juga pada keberhasilan studi mahasiswa setiap smester hingga dinyatakan lulus dan wisuda. Berikut ini pengertian evaluasi studi : evaluasi keberhasilan proses pendidikan adalah evaluasi terhadap penyelenggaraan proses belajar mengajar yang meliputi keberhasilan proses penyelenggaraan acara pendidikan dan keberhasilan studi mahasiswa. Evaluasi Keberhasilan Proses Penyelenggaraan Acara Pendidikan adalah evaluasi tentang program cara penyelenggaraan acara pendidikan, kesesuaian sarana dengan tujuan, keikutsertaan pengajar dan mahasiswa dalam acara pendidikan yang diselenggarakan. Evaluasi Keberhasilan studi Mahasiswa adalah evaluasi terhadap keberhasilan mahasiswa dalam proses belajar mengajar yang telah diselenggarakan sesuai dengan kurikulum.

Read more: EVALUASI STUDI FAKULTAS HUKUM UNTAG SURABAYA

BIMBINGAN AKADEMIK

BIMBINGAN AKADEMIK

Bimbingan Akademik adalah bimbingan yang diberikan oleh setiap dosen pembimbing skripsi kepada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi/tugas akhir. Bimbingan akademik terdiri dari 3 pembimbingan, yaitu 1.) Bimbingan yang diberikan dosen wali pada saat menyusun rancana studi pada setiap semester, 2.) Bimbingan yang diberikan oleh dosen pada saat mahasiswa mengikuti kegiatan praktikum, 3.) Bimbingan yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswa dalam kuliah kerja nyata, praktek kerja lapangan/program pengabdian pada masyarakat dan lainnya. Tujuan dari bimbingan akademik adalah memberikan bantuan dan nasehat kepada mahasiswa dalam menyelesaikan program stu­dinya dan memberikan pengawasan pada kemajuan studi mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat menyusun rencana studi dan program studinya secara optimal.

Read more: BIMBINGAN AKADEMIK

Sistem Pendidikan

SISTEM PENDIDIKAN

Sistem Kredit Semester (SKS)

Sistem kredit adalah suatu sistem penghargaan terhadap beban studi mahasiswa, beban kerja tenaga kependidikan dan beban penyelenggara program lembaga pendidikan yang dinyatakan dalam kredit.
Kredit adalah suatu unit atau satuan yang menyatakan bobot suatu mata kuliah dan kegiatan akademik lainnya secara kuantitatif.
Sistem semester adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan dengan menggunakan satuan waktu terkecil tengah tahunan yang disebut semester.
Semester adalah satuan waktu terkecil untuk menyatakan lamanya waktu/program pendidikan dalam suatu jenjang pendidikan, dimana satu semester setara dengan 14 minggu kuliah atau kegiatan terjadual lainnya berikut 2 minggu kegiatan evaluasi semester, yang dalam 1 (satu) tahun terbagi menjadi 2 semester yakni semester gasal dan semester genap.

Read more: Sistem Pendidikan