Sistem Pendidikan

Struktur Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Hukum

STRUKTUR KURIKULUM S2


Mahasiswa untuk dapat dinyatakan lulus dari Program Magister Ilmu Hukum, harus menyelesaikan beban satuan kredit semster (sks) sekurang-kurangnya 40 SKS dan sebanyak-banyaknya 50 SKS, dengan lama masa studi yang dibutuhkan selama 4 (empat) semester, namun dapat diselesaikan kurang dari 4 (empat) semester dengan waktu sekurang-kurangnya 18 bulan atau ekuivalen dengan 3 (tiga) semester, dan selama-lamanya 7 (tujuh) semester termasuk penyusunan tesis, tidak termasuk masa cuti mahasiswa maksimal 2 (dua) semester. (Kepmendiknas No. 232/U/2000).

Untuk menyelesaikan studi pada Program Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus  l945 Surabaya, seorang mahasiswa harus menyelesaikan 40 sks, yang terdiri atas mata kuliah reguler 34 sks, dan penulisan tesis 6 sks. Untuk mahasiswa yang berasal dari luar ilmu hukum (tidak sebidang) diberikan matrikulasi sebagai sarat penyetaraan ilmu hukum yang sifatnya wajib, yang terdiri atas Pengantar Ilmu Hukum (PIH), Pengantar Hukum Indonesia (PHI), dan Ilmu Negara (IN), dan bagi yang sebidang diharapkan untuk mengikuti matrikulasi tersebut. Berikut ini adalah urutan mata kuliah Magister Ilmu Hukum:

Read more: Struktur Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Hukum

Tujuan dan Strategi Program Magister Ilmu Hukum

Tujuan dan Strategi Program Studi dalam Mencapai Visi dan Misi
Prodi Magister Ilmu Hukum



Berdasarakan visi misi yang ada, maka program studi Magister Ilmu hukum, merumuskan tujaun program studi sebagai berikut :

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan menguasai  hukum secara teoritikal dan konseptual, dan mampu mengembangkan ilmu hukum secara profesional, serta berkarakter bangsa;
  2. Menghasilkan produk-produk penelitian dan karya-karya ilmiah bidang hukum yang bermanfaat bagi masyarakat;
  3. Meningkatkan publikasi hasil-hasil penelitian ilmiah bidang hukum melalui jurnal ilmiah dalam skala nasional maupun internasional;
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu mendinamisasi bekerjanya hukum melalui pengabdian masyarakat;
  5. Meningkatkan jaringan kerjasama dengan pihak luar, baik dengan instansi pemerintah maupun swasta, berskala nasional, maupun internasional.

    Read more: Tujuan dan Strategi Program Magister Ilmu Hukum