Tri Dharma Dosen

Law Enforcement Through 'Ludruk' And Cultural Advancement

Naskah milik Tomy Michael yang berjudul Law Enforcement Through 'Ludruk' And Cultural Advancement dimuat dalam Asia Pasific Fraud Journal Volume 3, No. 1st Edition (January - June 2018). ISSN: 2502-8731 dan E-ISSN: 2502-695X. Secara singkat tulisannya membahas penegakan hukum melalui ludruk. Penegakan yang hukum tersebut terkait dengan korupsi yang semakin masif di Indonesia maka membutuhkan penanggulangan kreatif didalamnya. Salahs atu caranya melakukan asimilasi hukum dengan kebudayaan lokal suatu daerah. Kebudayaan lokal yang dimaskud adalah ludruk. Ludruk sebagai tradisi yang masih hidup dan dimanfaatkan serta dibanggakan oleh para pendukungnya di Jawa Timur adalah sarana untuk mewartakan segala sesuatu tentang korupsi. Kesimpulan yang diperoleh bahwa asimilasi hukum dengan kebudayaan lokal suatu daerah tidak bertentangan dengan hukum dan termasuk salah satu bagian dalam pemberantasan korupsi. Saran yang dihasilkan bahwa pengajaran tentang korupsi dapat disalurkan melalui ludruk asalkan tetap sesuai dengan hakikat ludruk itu sendiri.

 

 

 

 

Wawancara Di Tempat Ibadah Tri Dharma Yayasan Sukhaloka Surabaya

Tomy Michael bersama A Juwono (Pengurus Tempat Ibadah Tri Dharma Yayasan Sukhaloka Surabaya) melakukan wawancara dalam memenuhi data penelitian PDP Kemenristekdikti Tahun Anggaran 2018. Wawancara dilakukan di Tempat Ibadah Tri Dharma Yayasan Sukhaloka Surabaya pada 26 April 2018.

Wawancara Dengan Sucianto Nugroho Pendeta GKKAI Jemaat Tenggilis Mejoyo

Tomy Michael melakukan wawancara dengan Pdt. Sucianto Nugroho selaku Pendeta Gereja Kebangunan Kalam Allah Indonesia di Jalan Raya Tenggilis Mejoyo 87 Surabaya. Wawancara dilakukan pada 16 Mei 2018 guna perolehan data PDP Kemenristekdikti Tahun Anggaran 2018.

Wawancara Dengan Ketua Ta'mir Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya

Tomy Michael melakukan  wawancara dengan Ust. Ahmad Hariyono Ong, S.H.I., M.E.I., selaku Ketua Ta'mir Masjid M Cheng Hoo Surabaya di Jalan Gading 2 , Surabaya. Wawancara diakukan pada 16 Mei 2018 guna perolehan data PDP Kemenristekdikti Tahun Anggaran 2018.

Wawancara Dengan Pendeta GKJW Jemaat Surabaya

Tomy Michael melakukan wawancara dengan Pdt. Sunardi selaku Pendeta GKJW Jemaat Surabaya di Jalan Prof. Dr. Moestopo 25-27 Surabaya. Wawancara diakukan pada 16 Mei 2018 guna perolehan data PDP Kemenristekdikti Tahun Anggaran 2018.