Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran

METODE PEMBELAJARAN

Pembelajaran dilaksanakan menggunakan berbagai strategi dan teknik yang mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis dengan memanfaatkan aneka sumber.

Pelaksanaan pembelajaran memiliki mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki secara periodik dalam kegiatan perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa), penyusunan materi perkuliahan, serta penilaian hasil belajar.

Fakultas Hukum berorientasi pada pendidikan akademik, hal ini dapat dilihat dari perbandingan muatan perkuliahan teoretik dengan kegiatan penelitian yang disyaratkan dengan beban Studi yang harus ditempuh oleh mahasiswa, dengan jumlah total 144 SKS, yang terdiri atas kegiatan perkuliahan yang terbimbing dan terstruktur sebanyak 140 SKS mata kuliah; dan 4 SKS penelitian tugas akhir (skripsi). Program Studi Ilmu Hukum melakukan peninjauan dan perubahan kurikulum secara berkala untuk disesuaikan dengan perkembangan yang ada, sehingga kurikulum dan muatan materi perkuliahan selalu sesuai dengan kebutuhan yang ada di masyarakat. Pelaksanaan evaluasi terhadap kemampuan akademik mahasiswa dilaksanakan melalui Ujian Tengah Semester (ETS) dan Ujian Akhir Semester (EAS).

1) Proses dan Pelaksanaan Evaluasi Mata kuliah Reguler

Evaluasi setiap mata kuliah dilakukan selama semester I sampai semester VIII, dilakukan melalui tahapan  Evaluasi Tengah Semester

(ETS) dan Evaluasi Akhir Semester (EAS), bagi mahasiswa yang kurang puas dengan hasil nilai yang diperoleh diberi kesempatan untuk memperbaiki nilai mata kuliah yang belum mencapai standar kelulusan, maksimal dua kali dan dilaksanakan paling lambat pada semester berikutnya. Apabila kesempatan yang telah ditentukan, mahasiswa  belum dapat memenuhi persyaratan tersebut, maka mahasiswa yang bersangkutan diwajibkan mengikuti perkuliahan kembali.

2) Proses dan Pelaksanaan penelitian skripsi

Setelah mahasiswa menyelesaikan mata kuliah teori dengan kelulusan minimal nilai B (sebagai pendukung kemampuan Mata Kuliah penelitian skripsi);Mahasiswa membuat penelitian Skripsi untuk akhir perkuliahan; Mahasiswa atas arahan Pembimbing, untuk menyusun proposal skripsi, dan selanjutnya ditingkatkan pada penulisan skripsi sampai pada tahap ujian;